Kamis, 24 September 2009

FITNAH WANITA

Ditujukan kpd setiap muslim yg memiliki kecemburuan thd istri,anak pr dan saudara pr.Ditujukan pula kpd setiap muslimah yg ingin menjaga dirinya dari perkara yg diharamkan Allah swt dan selalu berupaya utk menempuh jalan guna mencapai ridhanya.Saya tujukan juga kpd setiap muslim dan muslimah khususnya Pmb yg ingin bertaqwa kpd Rabb-nya Tabaraka wa Ta'ala [sekitar pemeliharaan wanita dan menghalangi mereka agar tdk terjerumus kedlm apa yg telah terjerumus didalamnya sebagian wanita ].

Allah swt telah berfirman:Dan persaksikanlah dgn 2 org saksi dari org-org lelaki diantaramu. Jika tdk ada 2 org lelaki,maka (boleh)seorg lelaki dan 2 org wanita dari saksi2 yg kamu redhai, supaya jika seorg lupa maka yg lain mengingatkannya[Al-Baqarah:282].

Dan berfirman pula Allah swt:Kaum lelaki itu adalah pemimpin kaum wanita dgn keutamaan yg telah Allah berikan kpd sebagian mereka(lelaki) atas sebagian yg lain(wanita) dan krn apa yg telah mereka nafkahkan dr harta mereka.Maka wanita2 yg shalihah adalah mereka yg taat dan menjaga dirinya ketika tdk ada suaminya krn Allah telah menjaga mereka....[An-Nisa:34]

Sesungguhnya dari 2 ayat yg mulia ini menjadi jelas bagi kita tentang kekurangan seorg wanita pd akal dan perbuatannya.Pada ayat pertama Allah swt menjelaskan kurangnya akal wanita,pemahaman serta hafalannya hingga dlm persaksiannya dibutuhkan kehati hatian dan ketelitian(sehingga dibutuhkan 2 org). Sedangkan pd ayat ke-2 Allah swt menjelaskan kurangnya wanita dlm perbuatan dan tingkah lakunya.Dan bahwasanya wnt memerlukan seorg pemimpin yg memegang urusannya.Oleh krn itu wajib bagi kaum lelaki utk membimbing kaum wnt dan memimpin mereka agar melengkapi kekurangan yg ada pd mereka.

Allah swt berfirman: Dan bagi laki2 mempunyai satu derajat keutamaan atas wanita dan Allah Maha Mulia lagi Maha Hakim [Al-Baqarah 228]

Sesungguhnya setiap sesuatu yg lebih besar bahayanya akan lebih besar tanggung jawabnya.Demikian pula setiap sesuatu yg lebih banyak menyebabkan fitnah hrs lebih besar perhatian kita thdnya. Sungguh,kita hidup dizaman yg berbahaya penuh dgn jalan2 fitnah dgn dibukanya utk kita perhiasan dunia dan sampainya budaya2 asing kpd kita secara langsung ataupun melalui media masa. Disebabkan keadaan yg demikian, ditambah lagi krn lemahnya sebagian besar kaum laki2 dan lalainya mereka dari tanggung jawab mereka atas kaum wnt,maka jatuhlah kebanyakan kaum wanita kedalam fitnah2 tsb.

Mereka jatuh kejurang bahaya,shg kita lihat seorg wnt muda keluar rumah dgn pakaian yg menggoda(membuat fitnah),pakaian mini atau pakaian panjang tapi sempit.Tdk ada pdnya,kecuali rok pendek atau rok panjang yg terkadang mudah dibuka angin atau terkadang ia sendiri yg mengangkatnya dgn sengaja. Kita lihat seorg muslimah,tak jarang wanita yg telah menutup auratnya keluar dr rumah dgn memakai perhiasan gelang emasnya,kemudian dgn sengaja pula menyingkap lengannya agar terlihat perhiasannya,seakan akan ia berkata"Lihatlah apa yg ada pdku".Ini sungguh suatu fitnah yg besar dan ujian yg berat.

Demikian juga wanita2 yg keluar rumah dgn parfum2 yg semerbak harumnya yg menjadi fitnah bagi setiap lelaki yg dihatinya ada penyakit,shg terkadang menggoda dan merayunya.Dan juga menjadi fitnah wnt2 yg berjalan sambil bersenda gurau dan tertawa dgn suara yg didengar oleh setiap org.Itulah diantara tingkah laku para wnt yg merupakan fitnah dan bahaya yg besar......Adakah wanita2(keluarga) kita juga berakhlak demikian? Akhlak mereka telah keluar dr ajaran Islam dan jauh dari jalan kaum muslimin Allah berfirman kpd para istri Nabi saw dan mereka merupakan teladan,mereka adalah wanita yg paling menjaga diri,paling mulia dan paling tinggi derajatnya.

" Dan tetaplah kalian di rumah2 kalian Dan janganlah bertabarruj(nampang) seperti tabarrujnya jahiliyah yg pertama [Al-Ahzab :33]

Nabi saw bersabda:'Janganlah kalian melarang para wnt kalian utk pergi ke masjid dan rumah2 mereka lebih baik bagi mereka(HR.Abu Daud dr Ibnu Umar ra)

Dlm hadist diatas Rasul saw menyatakan bahwa rumah2 mereka lebih baik bagi mereka.Lebih baik daripd apa??...Lebih baik daripada mesjid2 Allah!!! Lalu bagaimana halnya dgn wanita2 yg keluar ke pasar2/Mal.

Allah swt berfirman: "Dan org2 tua dr kalangan wnt(lanjut usia)yg tdk mempunyai keinginan nikah(lagi),tdk mengapa baginya melepas pakaian luarnya,dgn tdk bermaksud menampakkan perhiasan[An-Nuur:60].


yg dimaksudkan adalah wnt2 lanjut usia yg sudah terputus haid dan tdk dpt mengandung lagi.Mereka tdk berhasrat lagi utk menikah dan kaum lelakipun sdh tdk berkeinginan terhadapnya.Bagi wnt2 spt ini dibolehkan utk melepas pakaian yg biasa dipakai keluar,dihadapan lelaki yg bukan mahramnya sekalipun. Namun tetap tdk dibolehkan utk berhias dan menampakkkan perhiasan yg dipakainya(lihat Tafsier Ibnu Katsier,juz 3 dan Tafsir Ath-Thabari juz 9). Kalu saja wnt yg sdh tua dilarang berhias dan
bertabarruj,maka bagaimana dgn wanita2 yg masih muda yg merekalah tempat fitnah?!

Allah swt berfirman:"Dan hendaklah mereka menutupkan khimarnya ke dadanya(An-Nuur:31)


Khimar adalah kain yg digunakan utk menutup kepala dan dada.(Lihat Tafsier Ibnu Katsier juz 3 hal 284 dan Tafsier Ath-Thabari juz 9 hal 306). Jika seorg wnt "diperintahkan" utk menutupkan khimar ke dadanya agar tdk tampak apa yg ada di leher,telinga atau bagian dada,lalu bagaimana mungkin wanita2 islam masih mempertentangkan hukum memakai jilbab?...

Allah Azza wa Jalla berfirman:"Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yg mereka sembunyikan[An-Nuur:31]

yg dimaksud adalah suara gelang2 kaki yg mereka pakai yg tersembunyi (dibalik pakaiannya).Bila mereka menghentakkan kakinya,maka akan terdengar suara gelang tsb(lihat Tafsier Ibnu Katsier juz 3 hal 285 dan tafsier Ath-Thabari juz 9 hal 301). Jika seorg wnt dilarang berbuat seperti ini agar diketahui perhiasaan kakinya yg tersembunyi,maka bagaimana dgn seorg wanita yg menyingkapkan kain lengannya agar terlihat perhiasan ditangannya?! Dalam ayat diatas juga menunjukkan bahwa para wanita di zaman Nabi saw memakai pakaian panjang.Berkata Ibnu Taimiyah ra(tentang hal2 ini) 'Dahulu pakaian wnt di zaman Nabi saw dari telapak tangan sampai ke mata kaki.Hal ini jika mereka berada di rumah.Sedangkan jika mereka keluar rumah mereka memakai pakaian yg besar yg menutup ke dua kakinya'.

Abu Hurairah ra berkata bahwasanya Rasul saw bersabda;"Dua golongan dari ahli neraka yg aku belum pernah melihatnya(yg pertama)satu kaum yg membawa lecut seperti ekor sapi mereka memukul manusia dgn nya..."[HR MUslim dan Ahmad]


yg dimaksud adalah kezaliman dr para pemimpin yg memukul manusia tanpa kebenaran.Sedangkan mereka yg memukul manusia dgn haq utk meluruskan mereka dan mendidik mereka tdk termasuk didalamnya.Dan bisa juga dimaksudkan dari hadist ini makruhnya memakai lecut semacam itu.


Sedangkan golongan yg ke 2 Rasul saw bersabda:"Para wnt yg memakai pakaian tetapi telanjang yg miring dan memiringkan,kepala2 mereka seperti punuk onta yg miring.Mereka tdk akan masuk surga dan tdk akan mendapat harumnya surga.Padahal sesungguhnya harumnya surga tercium dari jarak sekian dan sekian.(Dikeluarkan oleh Muslim,Al-Baihaqi dan Ahmad disahihkan oleh Asy-Syaikh Nasirudin Al-Bani dalam Silsilah Al-Ahadist Ash Shahihah)

Nabi saw menggambarkan para wnt itu berpakaian yakni memakai kain tapi telanjang krn kainnya tdk menutupi auratnya.Bisa jadi krn pendeknya(rok mini) atau krn sempitnya,atau krn tipisnya.Miring dari jalan yg haq dan memiringkan org lain dari jalan yg haq, krn fitnah yg mereka timbulkan. Kepala2 mereka spt punuk onta yg miring krn rambut yg mereka sanggul di atas kepala atau dibentuk tinggi diatas kepala hingga spt punuk onta yg miring.(lihat Shahih Muslim syarah Imam An-Nawawi juz 5 hal 110).

telah shahih riwayat dari Nabi saw bahwa beliau bersabda:"Siapapun dari wnt yg telah terkena dupa(pengharum tubuh) janganlah menghadiri shalat isya bersama kami.[HR MUslim,lihat Shahih Muslim,Syarah Imam An-Nawawi juz 2 bab "Khuruujun Nisa' ilal masjid").

Disini Rasul saw melarang wanita utk hadir ke masjid utk shalat krn ia telah terkena wangi2an(dupa).Maka bagaimanakah mereka yg memakai parfum yg lebih tajam dari dupa dan lebih menarik kemudian keluar ke Mal/pasar?!

Juga telah sahih riwayat dari Nabi saw yg diriwayatkan oleh Abi Hurairah ra bahwa beliau bersabda: Sebaik baik shaf wnt adalah yg paling belakang sedangkan yg paling jelek adalah yg paling depan (lihat Shahih Muslim,Syarah Imam An-Nawawi juz 2 bab "Taswiyah Ash-Shufuuf wa Iqaamatuha).

Mengapa demikian?? Karena shaf yg paling belakang adalah yg paling jauh dari shaf lelaki dan tdk ikhtilat(bercampur) dgn mereka.Ini dlm perkara ibadah kpd Allah,dlm shalat,maka bagaimana kiranya wnt yg bercampur dgn lelaki dipasar ?!! Ini adalah pengarahan dari Allah dalam kitabNya dan pengarahan .

Rasul saw dalam sunahnya "Dan tidaklah patut bagi seorg mukmin dan tdk (pula) bagi mukminah jika sudah diputuskan oleh Allah dan Rasul-Nya suatu perkara ada pilihan lain dalam urusannya.Dan brgsiapa yg bermaksiat kpd Allah dan RasulNya berarti dia telah tersesat dgn kesesatan yg nyata[Al-Ahzab 36] "Brgsiapa yg mentaati Allah dan Rasul,maka mereka bersama org2 yg Allah beri nikmat atas mereka dari kalangan para Nabi,para shiddiqin,para syahid dan org2 shalih.Merekalah sebaik baik org yg menyertai[An-Nisa :69].

Ini adalah pengarahan dari Allah dan RasulNYa kpd pemeluk Islam.Bagaimanakah keadaannya para sahabat radliyallahu 'anhum dahulu ketika diberi pengarahan oleh Allah swt?

Berkata Ummu Salamah radliyallahu anha:"Ketika turun ayat Allah swt:" Hendaklah mereka menurunkan(menutupkan jilbabnya keseluruh tubuhnya [Al-Ahzab :59].


Keluarlah para wanita anshar,seolah olah diatas kepala2 mereka ada burung2 gagak,krn tenangnya mereka.Dan atas mereka pakaian hitam yg mereka kenakan[Dikeluarkan oleh Abu Daud dgn isnad yg shahih.Dan diriwayatkan hadist ini dalam "Ad-Dar" 5/221 dgn riwayat Abdur Razzaq bin Humaid,Ibnul Mundzir,Abu Daud,Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Marduyah dari hadist Ummu Salamah[lihat Jilbab Al-Mar'ah Al-Muslimah oleh Ash-Syaikh Al- Albani) Demikianlah keadaan mereka para wanita sahabat radliyallahu anhum.Jika Allah dan RasulNya memerintahkan dgn suatu perkara maka mereka segera melaksanakannya. Bukankah seharusnya bagi kita wahai kaum muslimin utk mengikuti mereka,Salafunash Shalih,dlm menghadapi pengarahan2 dan perintah2 Allah dan RasulNya?


Tidakkah kita takut kpd Allah?!!! Tdkkah kita mengetahui apa2 yg terjadi atas kebanyakan wanita krn mereka menyalahi jalan islami,kemudian kita berupaya mengingatkan mereka dan memerintakan mereka dgn akhlak yg lurus agar masyarakat kita menjadi masyarakat yg islami baik kaum lelakinya maupun kaum wanitanya,baik dlm akhlaknya maupun dlm ibadahnya? Sesungguhnya kalian adalah lelaki yg bertanggung jawab atas para wanita.Maka bertaqwalah kpd Allah Azza wa Jalla.Bertaqwalah kpd Allah pd diri kalian...Persiapkanlah jawaban yg akan diterima(jawaban yg benar) ketika kalian berdiri dihadapan Allah swt kelak. Perhatikan wanita2 kalian(ibu,mbak,adik pr,anak pr)jangan biarkan mereka berlaku
sesukanya/semaunya. Perhatikan mereka,sesungguhnya mereka demi Allah kurang akal dan agamanya.Setiap org bisa menipu mereka dgn ucapan2 yg manis tapi beracun.Sudah sepantasnya kita mengharuskan mereka tetap dirumah,dan tdk keluar kecuali ada keperluan yg penting.Mungkin mereka akan merasakan berat utk pertama kali ttp jika sdhterbiasa akan ringan bagi mereka org2 yg mempunyai malu dan mulia.

Wajib bagi kita utk memahami hal ini ...Wajib bagi kita utk selalu mengingatkan dgn firman Allah swt:

"Wahai org2 yg beriman jagalah diri2 kalian dan keluarga kalian dari api neraka yg bahan bakarnya manusia dan batu,atasnya ada penjaga dari malaikat2 yg kasar,yg keras,yg tdk pernah bermaksiat kpd perintah Allah dan selalu melaksanakan apa yg diperintakan[At-Tharim:6]

Hrs bagi kita utk selalu mengingat firman Allah 'Azza wa Jalla:

"Wahai org2 yg beriman bertaqwalah kpd Allah dan ucapkanlah perkataan yg benar,niscaya Allah akan memperbaiki bagi kalian amalan2 kalian dan mengampuni dosa2 kalian.Dan brgsiapa yg mentaati Allah dan RasulNya maka sesungguhnya ia telah mendptkan kemenanganyg besar.Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kpd langit,bumi dan gunung2 maka semua menolak utk memikulnya dan mereka kawatir akan menghianatinya dan dipikullah amanat itu oleh manusia.Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,sehingga Allah mengazab kaum munafik laki2 dan perempuan dan kaum musyrikin laki2 dan perempuan dan shg Allah menerima taubat kaum mukminin laki2 dan perempuan.Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [Al-Ahzab:70-73]

Wahai manusia bertakwalah kpd Allah dan ketahuilah bahwa Allah telah memikulkan amanat diatas pundak kalian pd keluarga kalian.Tegakkanlah apa yg Allah wajibkan untuk memelihara mereka.Perhatikanlah mereka dgn teliti krn sesungguhnya wajib atas manusia utk memperhatikan keluarganya lebih daripd perhatiannya kpd hartanya,krn keluarganya lebih suci drpd hartanya.Maka bertaqwalah wahai hamba hamba Allah!...

Sungguh telah banyak pertanyaan sekitar apa yg dinamakan al-kab(balto) yaitu pakaian yg dipakai seorg wanita sebagai pengganti dari aba'ah(pakaian besar/longgar yg menutupi dari kepala sampai ujung kaki).Sungguh pakaian itu(al-kab) tdk menutup aurat seperti menutupnya aba'ah,ia masih menampakkan bentuk pundak.masih membentuk ukuran pinggang,masih menampakkan bentuk lengan dst,Dan sungguh yg demikian itu adalah tahap pergeseran kpd yg lebih jelek dari pada itu sebagaimana kebiasaan.

Sesungguhnya manusia melangkah sedikit demi sedikit dlm segala sesuatu hingga sampai kpd apa yg ia tuju,sampai kepada "tabarruj" yg jelas,yg tdk ada perselisihan tentang keharamannya. Maka para ulama bersepakat utk melarang wanita wanita kalian untuk memakainya karena ia akan bergeser sedikit demi sedikit kpd apa yg lebih jelek daripd itu. Dan kalian telah menyaksikan banyak perkara yg sedikit demi sedikit bergeser yg akhirnya jatuh kedlm jurang yg dalam.

Banyak perkara yg aneh dan diingkari awal pertama kemunculannya,kemudian menjadi perkara yg biasa dan tdk seorangpun mengingkarinya.Kemudian bergeser kpd yg lebih jelek daripd itu dan diingkari pertama kalinya kemudian dgn bertahap menjadi perkara yg biasa dan tdk diingkari. Demikianlah hingga manusia terjerumus ke dlm jurang yg sangat dalam,.....coba sekiranya kita bertahap kpd apa yg lebih baik,kpd apa yg lebih membawa rasa malu dan lebih menutup.

Tapi sayang kita tdk melakukannya.Dan ini (al-kab) tdk syak lagi menjadi jembatan kpd yg lebih jelek daripada itu. Sekali lagi,diserukan pd kalian kaum lelaki agar melarang wanita wanita(keluargamu) untuk memakai pakaian itu dan agar tetap atas apa yg mereka pakai,yaitu al-aba'ah yg lebih dekat kepada malu dan kesopanan. wahai kaum muslimin....janganlah kalian menganggap ringan masalah ini,jangan kalian menutup mata terhadapnya! Pentingkanlah masalah ini!Perhatikanlah mereka dgn perhatian yg teliti sebelum mereka bertambah jauh dan bertambah serong dan kalian tdk akan mampu menghentikannya.

Sesungguhnya sebaik baik perkataan adalah kitab Allah dan sebaik baik ajaran adalah ajaran Rasulullah saw.Dan sesungguhnya sejelek jelek perkara adalah yg diada-adakan,dan setiap yg diada-adakan dalam deen adalah bid'ah. Dan bid'ah adalah sesat,dan setiap kesesatan didalam nereka tempatnya. Wajib atas kalian utk berjamaah krn sesungguhnya tangan Allah atas jamaah.Barang siapa yg menyendiri(aneh sendiri) ia akan menyendiri di dalam neraka.

Ketahuilah bahwa Allah menyuruh kalian utk bershalawat dan memberi salam kpd Nabi saw dalam firmanNya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat kpd Nabi,wahai org2 yg beriman bershalawatlah dan beri salam kepadanya. [Al-Ahzab:56]

Perbanyaklah shalawat dan salam pd nabi kalian! Sesungguhnya barang siapa yg bershalawat kpd Nabi sekali, Allah bershalawat kpdnya sepuluh kali... Ya Allah berilah shalawat dan salam kepada hambaMu dan RasulMU Muhammad....ya Allah berilah kepada kami kecintaan kpd beliau dan mengikutinya secara lahir dan batin...Ya Allah matikanlah kami dalam millah-nya...Ya Allah kumpulkanlah kami dalam golongannya....Ya Allah berilah kami minum dari telaganya(dlm jannah)...Ya Allah berilah kami syafaatnya...Ya Allah kumpulkan kami di dalam jannah bersama orang2 yg engkau beri nikmat atas mereka dari kalangan para nabi,shiddiqin,syuhada dan orang2 shalih...Ya Allah berilah keridhaan kpd khulafaur rasyidin Abu bakar,Umar,Utsman dan Ali,mereka adalah sebaik baik pengikut nabi......Ya Allah berilah keridhaan kpd seluruh sahabat nabi saw,para tabi'in dan seluruh yg mengikuti mereka dgn ihsan sampai hari kiamat...Ya Allah ridhailah kami bersama mereka dan perbaikilah keadaan kami sebagaimana Engkau perbaiki keadaan mereka....Ya Rabbal 'alamin perbaikilah para pemimpin kaum muslimin yg besar ataupun yg kecil,wahai Rabbal 'alamin...ya Allah jadikan utk mereka pendamping(teman dekat)yg baik,yg menunjukkan mereka kpd kebaikan,yang menganjurkan mereka utk berbuat baik dan menunjukkan mana yg jelek.

=^.^=

a

Tidak ada komentar: