Rabu, 07 Oktober 2009

Kesengsaraan dan keselamatan seorang wanita


Bismillahirohmanirrohim

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah mengutus nabi Muhamad SAW untuk menunjukkan umat ke jalan yang benar, dan menyelamatkan dari kesengsaraan dunia dan akhirat, salawat serta salam kita panjatkan pada beliau dan keluarga serta sahabatnya.

Ini adalah ringkasan dan terjemahan dari kitab yang berjudul (asbabul halak wannajah annisa`) sebab sebab kesengsaraan dan keselamatan seorang wanita. Semoga Allah memberi kemanfaatan dan hidayah bagi para pembaca terjemahan ini. Amin !

Permulaan :

1. Kebanyakan penghuni neraka adalah wanita

2. Sebab sebab kesengsaraan wanita

- tabbaruj

- nusyuz

- suluk assayyiah

3. Sebab sebab keselamatan wanita

I. kebanyakan penghuni neraka adalah wanita

dari imron bin hasyin RA dari nabi SAW beliau berkata : "kebanyaka ahli neraka adalah perempuan" hadis sohih diriwayatkan imam tobroni dari kitab alkabir

dari ibn abbas RA seungguhnya nabi telah berkata : "aku telah naik ke sorga

dan aku lihat kebanyakan penghuninya adalah orang orang miskin, dan aku naik ke neraka kebanyakan penghuninya wanita" hadis sohih riwayat imam muslim.

Kenapa perempuan kebanyakan menjadi penghuni neraka?

berkata imam qurtubi : para ulama mengatakan sebab sebab wanita sedikit menjadi penghuni sorga dikarenakan banyak mengikuti hawa nafsunya dan senang keduniaan, serta kurangnya pemikiran mereka tentang agama sehingga menjadi sedikit dalam berbuat amal kebaikan. juga wanita adalah merupakan sebab sebab dari perbuatan maksiat (dengan memberi peluang kepada yang lain untuk berbuat maksiat kepadanya)

berkata ibn arabi : paling banyak wanita menjadi penghuni neraka karena mendahulukan syahwatnya daripada akhiratnya dan kurang dalam memenuhi hak hak suaminya.

II. sebab sebab kesengsaraan wanita

1. Tabarruj (membuka atau menampakan auratnya)

berfirman Allah SWT "dan janganlah mereka menampakan perhiasan mereka

kecuali (yang) biasa nampak dari padanya dan hendaklah mereka menutupkan kain ke dadanya." Surat annur 31

Maksud ayat di atas, di wajibkan bagi perempuan untuk menutup perhiasannya (aurat) didepan laki laki yang bukan mahromnya dan juga di wajibkan kepada perempuan untuk memakai jilbab yang mana Allah SWT berfirman di surat ahzab 59 "wahai para nabi katakanlah kepada istri istri mu, anak anak perempuan mu dan istri istri orang mu`min untuk mengulurkan (memakai) jilbabnya ke seluruh tubuh mereka yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal karena itu mereka tidak di ganggu."

Dari ayat diatas disebutkan manfaat bagi perempuan yang memakai jilbab yaitu untuk membedakan perempuan muslim dan perempuan bukan muslimah,. Juga dapat menjaga dari gangguan orang yang tidak baik.

dari abu hurairoh RA berkata rasullah SAW :"dua macam orang dari ahli neraka, kaum yang ada padanya cambuk dan digunakan untuk memukul orang (orang yang suka menyiksa) dan perempuan yang membuka anggota badannya agar terlihat kecantikannya serta perempuan yang ingin disukai laki laki dengan memamerkan anggota tubuhnya, meraka itu tidak akan masuk sorga dan mencium baunya, yang mana bau sorga tercium dari jarak beratus ratus tahun" hadis sohih riwayat imam muslim

dari fadollah bin abid RA dari rosulallah SAW beliau besabda :" tiga macam orang jangan di tanya tentang mereka (sudah pasti celaka) salah satunya perempuan yang ditinggal suaminya dan dia telah dipenuhi nafkahnya kemudian bertabarruj (menampakkan auratnya didepan org lain) setelah itu". Hadis sohih riwayat imam bukhori.

Dari ibn abbas RA dari rasullalah SAW beliau besabda :" dilaknat bagi perempuan yang menyerupai laki laki dan laki laki yang menyerupai perempuan" hadis sohihriwayat imam muslim. Maksud hadis ini perempuan yang menyerupai laki laki dalam tingkah lakunya pergaulannya dan pakaiannya begitu juga sebaliknya.

Dari ummu salamah dari nabi SAW dan beliau bersabda :" bagi perempuan yang membuka pakaiannya di selain rumahnya, Allah akan membuka celanya" hadis hasan riwayat imam ahmad.

2. nusyuz (tidak taat pada suami, berpaling darinya dan membencinya)

dari ibn umar RA dari rasulallah SAW beliau bersabda :"dua macam orang yang tidak diterima solatnya : budak yang lari dari majikannya sampai ia kembali, dan istri yang tidak taat pada suaminya sampai ia kembali taat padanya." Hadis sohih riwayat imam hakim

dari abu hurairah RA telah bersabda rasulallah SAW :" apabila seorang laki laki mengajak istrinya untuk ke tempat tidurnya (jima`) dan ia tidak memenuhi nya maka malaikat melaknatnya sampai pagi : hadis sohih riwayat imam bukhori.

Dari tsauban RA telah besabda rasulallah SAW :" para wanita yang meminta cerai kepada suaminya dengan tidak terpaksa maka haram baginya bau sorga " hadis sohih riwayat imam ahmad

3. perbuatan perbuatan yang tercela

- membicaraka masalah masalah suaminya pada orang lain

- berzina

- berdua duaan dengan laki laki lain (berkencan)

- berkumpul dengan laki laki yang bukan mahromnya, walaupun di tempat ramai

- dan lain lain yang sudah banyak terjadi sekarang.

Semoga Allah menyelamatkan kita dan keluarga kita dari perbuatan maksiat yang

menjerumuskan kepada api neraka

III sebab sebab keselamatan wanita

1. menunaikan kewajibannya (solat, puasa, dll yang diwajibkan)

dari anas bin malik RA sesungguhnya rasullallah SAW telah besabda :"apabila seorang wanita solat lima waktu dan puasa bulan romadan serta menjaga kemaluannya (tidak berzina) dan taat pada suaminya akan masuk sorga." Hadis sohih riwayat imam bazzar

2. taat pada suaminya

dari abdullah bin salam RA telah bersabda rasulallah SAW :" sebaik sebaik perempuan : menyenangkan apabila dilihat, mematuhi perintah apabila di perintah, menjaga rahasia suaminya apabila ia tidak ada" hadis sohih riwayat imam tobroni

maksud hadis tersebut : menyenangkan apabila dilihat perbuatannya, sopan

santunnya tutur katanya dll. Juga tidak menolak perintah suaminya dan menjaga

rahasia suaminya tidak di bicarakan dengan orang lain.

3. banyak berdzikir kepada Allah

4. bangun untuk solat dimalam hari

dari abu hurairoh RA sesungguhnya nabi besabda :" Allah merahmati laki laki yang bangun malam dan solat, dan membangunkan istrinya hingga ia solat, apabila tidak mau maka ia memercikkan air kewajahnya, dan Allah merahmati wanita yang bangun malam dan solat, dan membangunkan suaminya hingga ia solat, apabila tidak mau maka ia memercikkan air ke wajahnya" hadis riwayat abu daud, ahmad dan nasa`i.

5. perbuatan baik dengan bersedekah

dari zainab istri ibn mas`ud RA, dari nabi SAW bersabda:"wahai para wanita besedekahlah kamu sekalian, walaupun dari perhiasanmu, sesungguhnya dari kalian lah kebanyakan penghuni neraka" hadis riwayat iama ahmad dan tirmidzi.

6. sabar atas musibah kehilangan (kematian) anaknya.

Dari abu said RA sesungguhnya nabi SAW telah berkata :" perempuan yang mempunyai 3 anak, kemudian meninggal, maka mereka itu merupakan penghalang dari api neraka (kemudian berkata seorang wanita) : kalau dua? Berkata rasulallah : walaupun dua ". Hadis sohih riwayat bukhori.

Dari hadis di atas apabila seoorang ibu diuji dengan kematian anaknya dan bersabar, itu merupakan sebab keselamatannya dari api neraka.

turun musibah kepadanya. Dari abu hurairoh RA, dari nabi SAW :"apabila turun bala` kepada muslim atau muslimah atas dirinya, atau anaknya atau hartanya sehingga dia bertemu dengan Allah tidak mempunyai kesalahan (diampuni dosanya)" hadis riwayat tirmidzi.

Maksudnya: apabila terjadi bencana atas dirinya (sakit dll) atas hartanya (hilang atau miskin) atau atas anaknya (meninggal dll) dan dia bersabar maka akan diampuni dosanya.

Ringkasan dari uraian diatas :

Sebab sebab dari keselamatan seorang wanita bagaimana dia taat kepada Allah dengan menjalankan kewajiban kewajibannya dan taat kepada suaminya serta sabar atas bencana yang menimpanya, serta perbuatan (akhlaq) yang mulia.

Semoga Allah menjadikan kita sebagai hambaNya yang mematuhi segala

perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, dan menjadikan kita orang yang

dicintaiNya dan dicintai oleh rasulNya. Amin!

The great Andalusian's motto:

"The World is held by Four Pillars:

The Wisdom of the Learned,

The Justice of the Great,

The Prayers of the Righteous,

And the Valour of the Brave."

Tidak ada komentar: